Syarat Mendaftar BPJS Kesehatan

Kewajiban untuk membuat BPJ harus siap sejak awal. Ini berguna untuk menghindari kerepotan yang terjadi karena kendala administrasi. Meskipun BPJS Kesehatan telah bekerja selama bertahun-tahun, belum terlambat untuk mendaftar sebagai peserta dalam asuransi kesehatan pemerintah. Lalu, bagaimana Anda melakukan BPJS? Apa kondisi kesehatan BPJS yang perlu Anda persiapkan?


Pada Agustus 2019, lebih dari 221 juta orang lebih dari 221 juta orang yang merupakan peserta BPJS dan lebih dari 27.000 fasilitas kesehatan terdaftar dapat melayani peserta BPJS. Dengan menjadi anggota BPJS, Anda dapat merasakan manfaat dari keanggotaan, termasuk fasilitas rawat jalan dan rawat inap berdasarkan kelas yang Anda pilih. Saat ini, pendaftaran peserta BPJS dapat dilakukan langsung di Kantor BPJS. Tetapi bagi Anda yang ingin lebih nyaman, BPJS juga menyediakan platform rekaman melalui situs BPJS dan aplikasi JKN yang dapat diunduh melalui App Store dan menyimpan pemutaran pada ponsel cerdas.

Bukan beberapa peserta potensial BPJS yang mengeluh sering harus kembali ke kantor BPJS hanya untuk menyelesaikan persyaratan administrasi. Untuk menghindari hal ini, pastikan Anda telah menyiapkan dan menyelesaikan file sebagai syarat untuk kesehatan BPJS ini menjadi yang pertama, yaitu:

  1. Fotokopi kartu keluarga (KK)
  2. KTP Photocopy / Paspor, 1 lembar
  3. Fotokopi buku tabungan salah satu peserta yang namanya terdaftar di kartu keluarga
  4. PASFOTO Prospek Peserta BPJS dengan ukuran 3 x 4, masing-masing sebanyak 1 lembar.

Meskipun hanya fotokopi dari file di atas yang diajukan pada Kesehatan BPJS, Anda harus selalu membawa KK, KTP / Paspor dan buku tabungan asli sehubungan dengan Kantor BPJS. Anda juga harus memutuskan atau setidaknya memiliki gambar kelas BPJS kesehatan yang Anda pilih. Data, Anda juga akan diundang untuk membayar kontribusi bulan pertama pada saat pendaftaran.

Ada tiga kelas kesehatan kesehatan yang dapat Anda pilih, yaitu:

  1. Kelas III dengan kontribusi dari Rp2500 per orang per bulan
  2. Kelas II dengan kontribusi 51.000 IDR per orang per bulan
  3. Kelas I dengan kontribusi 80.000 IDR per orang per bulan.

Kontribusi di atas dapat meningkat sewaktu-waktu sebagai bagian dari masalah yang penuh sesak pada akhir Agustus lalu. Setelah persyaratan di atas, Anda cukup memilih cara membuat kesehatan yang diinginkan, baik online maupun offline (datang langsung ke kantor BPJS). Untuk pendaftar online, Anda hanya perlu mendaftarkan kewajiban untuk membuat BPJ ini, yaitu nomor KTP, KK dan tabungan. Selain itu, jangan lupa untuk memasukkan salah satu persyaratan untuk membuat BPJS ini, yaitu foto dalam format digital.

Syarat Mendaftar BPJS Kesehatan Syarat Mendaftar BPJS Kesehatan Reviewed by Si Panjoel on November 01, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.