#AyoHijrah Nabung Syariah di Bank Muamalat Indonesia

Apa itu #AyoHijrah ?

Hmm sebelum kita berbicara lebih jauh tentang gerakan #AyoHijrah, alangkah lebih baik jika kita tahu terkait makna hijrah. Pada saat ini istilah kata hijrah sangat sering sekali dipakai dan hampir identik dengan perubahan fase kehidupan seseorang dalam hal agama dimana dari yang sebelumnya kurang menerapkan ajaran agama islam menjadi pribadi yang taat dalam menerapkan ajaran agama islam dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, jika kita berjalan mundur kebelakang dan kembali dimasa Nabi Muhammad SAW, istilah hijrah meriwayatkan salah satu kisah beliau. Hijrah pada masa itu bermakna perpindahan Nabi Muhammad SAW bersama pengikutnya dari Mekah ke Madinah untuk menyelamatkan diri dan sebagainya dari tekanan kaum kafir Quraisy Makkah dan untuk menyiarkan agama islam di Madinah. Dimana ketika Nabi sampai di Madinah, Nabi disamput dengan sangat ramah dan Islam mampu berkembang dengan sangat pesat. Dari kedua istilah tersebut dapat kita simpulkan secara singkat bahwa hijrah bermakna berpindah dari keadaan yang buruk menjadi lebih baik.



Berdasar pengalaman saya dan beberapa teman saya hijrah itu sesuatu yang mudah diucapkan namun susah untuk dilakukan. Hijrah tidak hanya sekedar berbicara tentang memakai hijab, menumbuhkan jenggot, atau memakai celana diatas mata kaki. Hijrah memiliki makna yang lebih dalam daripada itu, dan hal itu hanyalah salah satu proses dan tahapan dalam berhijrah. Cakupan hijrah sangat luas dan meliputi seluruh aspek kehidupan manusia. Kedepan kita akan lebih mendalami makna #AyoHijram dalam dunia perbankan. Berbicara terkait perbankan, identik dengan kata riba. Riba adalah . Riba hukumnya haram dalam islam, untuk itulah ada perbankan syariah yang bersih dari riba sehingga muncullah gerakan #AyoHijrah



Lalu apa sih #AyoHijrah? . #AyoHijrah adalah gerakan yang bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia bersama-sama selalu meningkatkan diri ke arah yang lebih baik dalam segala hal. Islam bukan hanya agama yang mengatur hubungan kita dengan Sang Pencipta, tapi juga merupakan jalan hidup (way of life) sehingga #AyoHijrah juga mengajak untuk menjalani hidup sesuai tuntunan Islam yang baik dan berkah. Gerakan #AyoHijrah dibuat oleh Bank Muamalat Indonesia. Melalui #AyoHijrah ini Bank Muamalat Indonesia mengajak masyarakat untuk berhijrah dalam hal layanan perbankan (pengelolaan keuangan) dengan memanfaatkan layanan perbankan Syariah untuk hidup yang lebih berkah.
- dikutip dari https://www.bankmuamalat.co.id/seputar-ayo-hijrah.

Saya akan membagikan pengalaman hijrah yang dialami adik saya terkait hijrah dalam urusan perbankan #AyoHijrah. Pengalaman ini bermula ketika saya ingin mentransfer uang ke adik saya yang mana pada saat itu rekening bank yang dia buat sedikit asing bagi saya. Adik saya saat itu memakai Bank Muamalat, nama bank yang sampai saat ini masih sangat asing ditelinga saya. Kemudian saya tanya ke adik saya ke adik saya, kok pakai Bank Mualamat? itu bank apa ?. Saat itu yang ada dalam pikiran saya adalah Bank Muamalat seperti bank yang lainnya. Namun saat itu adik saya menjelaskan bahwa Bank Muamalat itu adalah bank syariah, yang mana tidak ada bunga sehingga terhindar dari kata riba. Saat itu saya masih tidak percaya "ah yang benar, masak bank tidak ada bunganya?". Disitu adik saya menjelaskan dalam bank syariah memang tidak ada bunga. Namun, bank syariah memiliki program dengan nama akad dan bagi hasil, bank syariah juga sepenuhnya berbeda dengan bank konvensional dari seluruh segi bisnis perbankannya. Demi menghindari riba merupakan asalan utama adik saya berpindah  memakai bank syariah. #AyoHijrah

Tujuan #AyoHijrah dan Bentuk Gerakan #AyoHijrah Bank Muamalat

Dengan #AyoHijrah diharapkan ada peningkatan kualitas diri, baik secara individu maupun organisasi, untuk semakin kaffah menjalankan syariat Islam, khususnya dalam konteks layanan perbankan syariah. Cita-cita yang hendak diwujudkan oleh Bank Muamalat adalah menyetarakan pertumbuhan nasabah bank syariah agar setara dengan kondisi rakyat Indonesia yang mayoritas muslim.

Secara umum gerakan #AyoHijrah dikemas dalam kegiatan-kegiatan yang mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan diri dalam berbagai bidang, khususnya mulai berpindah menggunakan layanan bank syariah untuk hidup yang lebih tenang dan berkah. Kegiatan-kegiatannya antara lain seminar / edukasi tentang perbankan syariah, open booth di pusat kegiatan masyarat, kajian islami dengan narasumber dari kalangan ulama, pemberdayaan masjid sebagai salah satu agen perbankan syariah.

Apa itu Bank Muamalat?

Diatas sudah saya singgung sedikit terkait Bank Muamalat yang saat ini dipakai oleh adik saya. Setelah saya telusuri dan berdasar pernyataan adik saya, Bank Muamalat dapat dikatakan bank syariah yang benar-benar syariah dalam urusan perbankannya. Bank Muamalat berdiri pada tanggal 1 November 1991 dan resmi beroperasi pada 1 Mei 1992. Pendirian Bank Muamalat Indonesia digagas oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan pengusaha muslim yang kemudian mendapat dukungan dari Pemerintah Republik Indonesia.



Dalam menjalankan kegiatan perbankan syariah, Bank Muamalat Indonesia terus berinovasi dan mengeluarkan produk-produk keuangan syariah seperti Asuransi Syariah, Dana Pensiun Lembaga Keuangan Muamalat (DPLK Muamalat) dan multifinance syariah (Al-Ijarah Indonesia Finance). Produk Shar-e Gold Debit Visa yang diluncurkan pada tahun 2011 tersebut mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Kartu Debit Syariah dengan teknologi chip pertama di Indonesia serta layanan e-channel seperti mobile dan internet banking, ATM, dan cash management. Seluruh produk-produk tersebut menjadi pionir produk syariah di Indonesia dan menjadi tonggak sejarah penting di industri perbankan syariah.

Visi-Misi Bank Muamalat

Visi

“Menjadi bank syariah terbaik dan termasuk dalam 10 besar bank di Indonesia dengan eksistensi yang diakui di tingkat regional”


Misi

Membangun lembaga keuangan syariah yang unggul dan berkesinambungan dengan penekanan pada semangat kewirausahaan berdasarkan prinsip kehati-hatian, keunggulan sumber daya manusia yang islami dan professional serta orientasi investasi yang inovatif, untuk memaksimalkan nilai kepada seluruh pemangku kepentingan.

Mengapa harus Hijrah ke Bank Muamalat?

  1. Bank Muamalat adalah bank pertama yang benar-benar (murni) syariah di Indonesia.
  2. Bank Muamalat tidak menginduk dari bank lain, sehingga terjaga kemurnian syariah nya.
  3. Pengelolaan dana di Bank Muamalat didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi syariah yang dikawal dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.
  4. Bank Muamalat memilki produk dan layanan keuangan lengkap yang ditunjang dengan berbagai fasilitas seperti Mobile Banking, Internet Banking Muamalat dan jaringan ATM dan Kantor Cabang hingga ke luar negeri.
Poin pertama merupakan alasan utama saya merekomendasikan untuk hijrah ke Bank Muamalat. Pendapat ini sejalan dengan pengalaman adik saya dan dari berbagai info yang saya telusuri di Internet. Selain itu beberapa layanan Bank Muamalat juga tak kalah bagus dibanding bank konvensional lain. Untuk memberikan layanan yang lebih berkah untuk nasabah dan masyarakat maka produk Bank Muamalat kami berikan nama baru sebagai berikut :
  1. Tabungan iB Hijrah
  2. Tabungan iB Hijrah Haji dan Umrah
  3. Tabungan iB Hijrah Rencana
  4. Tabungan iB Hijrah Prima
  5. Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah
  6. Deposito iB Hijrah
  7. Giro iB Hijrah
  8. Pembiayaan Rumah iB Hijrah Angsuran Super Ringan dan Fix and Fix (masih dalam proses pengajuan kepada Regulator/OJK)
Kesimpulannya, dengan gerakan #AyoHijrah Bank Muamalat bercita-cita menjadi pusat dari Ekosistem Ekonomi Syariah dan turut membangun industri halal di Indonesia dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

Selamat Ulang Tahun Bank Muamalat Indonesia ke-27

Diakhir penulisan, saya juga ingin mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-27 kepada Bank Muamalat Indonesia pada tanggal 1 Mei 2019. Semoga mampu mengajak masyarakat Indonesia untuk #AyoHijrah dan mampu menjadi Bank Syariah Terbaik di Indonesia bahkan dunia, terus menjadi yang terdepan serta istiqomah menyajikan pelayanan perbankan syariah terbaik.

Sumber: Twitter @BankMuamalat


Info lebih lanjut terkait #AyoHijrah dan Bank Muamalat:
Facebook : BankMuamalatIndonesia
Instagram : Bank.Muamalat
Twitter : BankMuamalat
Youtube : Bank Muamalat
Websites : www.bankmuamalat.co.id

#AyoHijrah Nabung Syariah di Bank Muamalat Indonesia #AyoHijrah Nabung Syariah di Bank Muamalat Indonesia Reviewed by Si Panjoel on April 28, 2019 Rating: 5

6 komentar:

  1. Saya setuju banget kalau bank muamalat itu bener bener syariah

    BalasHapus
  2. Wah bagus kak ulasan ya. Saya jadi pengen nabung di muamalah

    BalasHapus
  3. Mantap, Sekarang niat baik kita untuk berhijrah sudah semakin dimudahkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, semoga kita tetap istiqomah dalam berhijrah dalam segala aspek kehidupan.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.